5 Menu Andalan dan Favorit Anak Kos.

Ingatan saya melayang ke bulan puasa beberapa tahun silam saat masih jadi anak kos yang kere.

Waktu masih di Bandung, saya kos di rumah seorang pensiunan jaksa yang tinggal berdua saja dengan istrinya. Dua bulan puasa saya lalui di sana, tapi baru bulan puasa ke-2, saya dan anak kos lainnya diundang untuk sahur bareng empunya kos.

Tentu saja saya sangat senang sekali! Buat saya ajakan sahur bareng itu seperti mendapat oase di padang pasir dan bagai menemukan pelita di tengah gulitanya malam #ahzeg. Pengeluaran untuk sahur bisa dijadikan tabungan atau membeli kebutuhan lainnya.

Bulan puasa sebelumnya adalah kali pertama saya jadi anak kos. Rasanya terpisah dari orang tua padahal sama-sama tinggal di satu kota tetaplah terasa berat. Biasa makan udah ada yang nyiapin, rumah ada yang beresin, dan cucian ada yang setrikain, eh pas jadi anak kos semuanya harus disiapkan sendiri. Saya termasuk orang yang males banget jajan di luar pas sahur, selain kantin-kantin pasti dipenuhi manusia yang akan sahur, suhu udaranya itu tjoyyyyy.. dingin buangat! 

Kondisinya saat itu, pemilik kos membolehkan kami memakai dapur yang letaknya di lantai 1 dan seperangkat peralatannya untuk memasak makanan yang sederhana. Tapi kan seringnya abis bangun sahur itu keburu mager ya, jadi untuk mengakalinya, biasanya sih di malam sebelumnya kalo lagi rajin saya akan masak nasi menggunakan rice cooker yang saya punya dan beli lauk taruh di rice cooker biar tetap hangat. Praktis kan nggak perlu keluar kamar!

Tapi, ada kalanya juga kan ya lagi nggak pengen masak. Biasanya sih gara-gara kecapean atau sisa gaji sudah mulai sekarat, maklum waktu itu saya kerja sambil kuliah ambil kelas malam. Jadi, ini dia makanan-makanan yang bisa dibilang jadi penyelamat sahur  saat jadi anak kos.

1.Nasi Goreng

Sebenernya gampang banget kan ya bikin nasi goreng, tapi lebih gampang lagi ya BELI terus biar tetap hangat, ditaro deh di rice cooker.

 

source

 

2. Telor Dadar/Telor Ceplok

Menu ini adalah menu yang paling gampang dan paling cepet bikinnya, tapi juga bertebaran di setiap warteg. Asal jangan sering-sering yak, ntar bisulan *kalo kata orang tua dulu*

 

 

source

 

source

 

3. Delivery Service Food

Terpujilah wahai kalian restoran/rumah makan/kantin yang menyediakan layanan pesan antar! Biasanya jenis makanan yang diantar ini adalah makanan siap saji, tapi kalau sekarang sih udah banyak banget jenisnya. Apalagi jaman sekarang, layanan antar pesanan nggak cuma fasilitas dari restorannya tapi udah ada unit khusus dari perusahaan transportasi online. Beruntunglah kalian kaum millenials yang masih ngekos!

 

source

 

4. Frozen Food

Waktu dapur dan kulkas masih nebeng yang punya kos sih, biasanya saya beli patungan sama temen kos terus goreng rame-rame. Tapi pas udah tinggal di kosan yang sudah ada fasilitas dapur dan kulkas buat anak kosnya sih enak, tinggal nyetok aja pas lagi belanja bulanan.

 

source

 

5. Mie Instan

Yang ini sih penyelamat paling favorit yang nggak cuma pas sahur doang. All time favorit! Saya pernah loh, masak mie instan pakai rice cooker! HAHAHAHA. Rasanya nggak kalah enak kok sama masak biasa yang pake kompor. Ya begitulah namanya juga the power of kepepet. We never know what we can handle and what we can do until it happened.

 

me. eating noodle. everytime.

 

 

Ya walaupun udah nggak jadi anak kos, beberapa menu di atas tetap jadi andalan sih. Cuma memang makannya nggak sesering waktu jadi anak kos. Hahaha. Gimana para anak kos, pada sama juga nggak menu andalannya? Atau ada yang beda?

Advertisements

6 thoughts on “5 Menu Andalan dan Favorit Anak Kos.

  1. Belum pernah masak mie pakai rice cooker heheheh… dulu saya waktu tinggal di asrama dibekali mama makanan keringan kayak kering tempe dan kacang, kering teri, abon ya semacam itu. Sama buat sarapan yang cepat mie gelas dan cereal oat mix buah kering yang udah sachetan. Susu UHT juga praktis tuh, mbak 🙂

    1. Ah iyaaa bener mbak. Abon sama kering kentang atau kering tempe is the best! Kalo cereal agak jarang nyetoknya karena dulu sarapan di kantor. Susu uht juga baru nyetok pas ada kulkas di kosan hihihi. Nasib anak kos yaa..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s