Konsumsi Susu Tiap Hari, Kenapa Nggak?

Seiring dengan pertumbuhan anak, belanja bulanan juga jadi nambah itemnya. Yang tadinya cuma popok, tisu basah, dan toilettries sekarang ditambah SUSU. Sebenarnya sudah sejak umur 1 tahun, Tanya dikenalkan dengan susu UHT. Sayangnya, sampai umurnya yang hampir 2 tahun ini, anaknya masih picky dan moody banget soal susu selain ASI. Padahal udah coba berbagai merek, berbagai rasa dan berbagai jenis. Beda banget sama mamaknya ini, dari kecil doyan banget susu, semua rasa dan semua jenis dilahap. Jadi, jatah susu bulanan buat anaknya bisa diabisin setengahnya sama Mamaknya. *Mamak macam apa kau, Buni! Ngabisin jatah anak! Hih*. 

Mamaknya cuma picky sama merek susu, dari kecil udah doyan banget sama susu bendera yang sekarang disebut Frisian Flag. #reuzzz

Walaupun anaknya picky dan moody-an soal minum susu, saya tetap keukeuh menawarkan menyuruh anak minum susu setiap harinya. Syukur-syukur lagi doyan bisa nambah, kalaupun nggak abis, ya udah berarti sisanya jatah buat mamaknya. #teteup

Kenapa sih Keukeuh Banget Nyuruh Anaknya Minum Susu?

Di masa golden agenya ini, anak saya sempat mengalami GTM (Gerakan Tutup Mulut) dan turun berat badannya. Rasanya masih sedih deh kalo inget hari-hari itu. Menghadapi anak yang GTM itu lebih susah dan lebih berat dibandingkan menghadap calon mertua. #apose #kokondao #yarabesorendoreri *nyanyik kan lo, ngaku!*

Layaknya badai, GTM pun berlalu. Tapi, anaknya jadi lebih picky dan moody soal makanan. Saya sih nggak pengen terlalu maksain karena takutnya dia malah jadi trauma, ditambah lagi saya sedang dalam proses menyapih. Jadi yang saya lakukan adalah mencari pelengkap gizi untuk pertumbuhannya dia, salah satunya adalah susu.

Susu Pelengkap Gizi? Emang Nutrisi Apa Aja yang Ada Di Dalam Kandungan Susu?

Nutrisi yang ada di dalam kandungan susu itu buanyaaak! Kaya vitamin B, vitamin B12, tinggi protein, kaya vitamin A, kaya kandungan lemak omega 3 dan tinggi kalsium. Yang semuanya sangat dibutuhkan tubuh untuk membantu pertumbuhan, menguatkan tulang dan otot juga meningkatkan daya tahan tubuh. Segelas susu yang sudah difortifikasi dapat memenuhi 20% kebutuhan gizi harian anak-anak dan juga dewasa.

Nope, saya bukan ahli gizi atau dokter, tapi insight tersebut saya dapatkan saat menghadiri undangan dari Frisian Flag beberapa waktu yang lalu, yang sedang melakukan kampanye berjudul: Saatnya Keluarga Minum Susu Sekarang!

Selain soal nutrisi, banyak insight lain yang saya dapat dari acara tersebut. Jadi nih ya latar belakang kampanye ini adalah rendahnya angka konsumsi susu di Indonesia yang mendorong Frisian Flag Indonesia untuk terus mengedukasi masyarakat agar rutin minum susu setiap hari. Dibandingkan dengan negara Singapura, Malaysia, dan Vietnam, tingkat konsumsi susu di Indonesia menempati peringkat terendah yaitu 12 liter/kapita/tahunnya.

This slideshow requires JavaScript.

Edukasi untuk mengkonsumsi susu yang dilakukan Frisian Flag Indonesia ini ternyata bukan cuma buat anak-anak, tapi buat seluruh anggota keluarga di rumah. Jadi segala kebaikan, manfaat susu dan pemenuhan nutrisi seluruh anggota keluarga di rumah diharapkan dapat membangun keluarga yang lebih sehat dan kuat sesuai dengan esensi dari brand Frisian Flag yaitu “Buiding Strong Families”. Untungnya, anggota keluarga saya di rumah pada doyan minum susu.

This slideshow requires JavaScript.

Yang menarik lagi, pada acara tersebut ada momen “Milk Toast”. Sebuah ritual kreatif yang dapat dikenalkan dan dijadikan kegiatan untuk memelihara kebiasaan minum susu bersama keluarga.

This slideshow requires JavaScript.

Belum pernah saya coba sih sampai saat ini, seru juga kali ya pas lagi kumpul bareng keluarga di akhir pekan besok coba ngenalin kegiatan “Milk Toast” pake Susu Kental Manis Frisian Flag Gold. Siapa tahu, anak saya jadi lebih tertarik minum susu dengan cara ini dan anggota keluarga yang lain jadi suka dengan varian baru susu kental manisnya Frisian Flag Indonesia ini yang mengandung 9 vitamin dan 5 mineral.

Ya, sebagai orang tua pastinya kita akan selalu berusaha memberikan yang terbaik buat anak. Ingin menjadi role model yang baik untuk anak. Pada setuju kan? Nah, ditambah dengan beberapa insight yang saya dapat dari acara dengan Frisian Flag Indonesia itulah yang bikin saya jadi lebih yakin untuk memasukkan susu sebagai item wajib di daftar belanja bulanan saya.

**note: tentang Kampanye Keluarga Minum Susu Sekarang bisa dilihat di sini juga.**

Advertisements

8 thoughts on “Konsumsi Susu Tiap Hari, Kenapa Nggak?

  1. Anak kedua saya juga ga seberapa doyan susu selain ASI, ufah ditawarin susu bubuk, susu UHT yang bervariasi tetep aja balik nenen. Belakangan jadi ketauan dia suka susu fermentasi yang botolnya imut-imut dan susu UHT yang plain ga ada manis-manisnya, tapi nyusunya ya tetep aja

    1. Nah kalo susu fermentasi yang botolnya imut dia lumayan suka sih mba. Tapi iyaaa balik lagi ke ASI. Agak kelimpungan juga nih nyapihnya soalnya udah mau 2 taun umurnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s