Recovery di Trimester Kedua

Semenjak hamil, catatan saya sampai tepat waktu sudah mulai berkurang. Saya jadi sering datang siang, apalagi jarak dari rumah ke kantor memakan waktu 2-2.5 jam perjalanan di hari kerja. Saya nggak bisa pake motor karena nggak tahan asapnya, naik angkutan umum pun nggak dibolehin sama Rizki. Jadi, Rizki pasti antar saya dulu ke kantor baru deh dia lanjut ngantor. Lama kelamaan, dia juga ikutan capek. Gimana nggak capek kalo pulang-pergi bisa ngabisin waktu 2-3jam sendiri di jalan. You knowlah Jakarta jam pergi kantor dan pulang kantor macetnya biadab.

Saya pun kurang nyaman bermacet-macetan dalam keadaan hamil. Akhirnya diputuskan lah kalo kami akan cari kost dekat kantor saya, supaya saya bisa pulang sendiri dan tidak terlalu kecapekan. Proses pencarian kostnya aja hampir sebulanan lebih, baru dapat kost pas masuk trimester kedua.

Setelah masa drama mual muntah di trimester pertama, memasuki trimester kedua frekuensi mual muntah sudah mulai berkurang. Nafsu makan mulai membaik. Apalagi jarak dari kost ke kantor cukup dekat, jadi kalopun telat ngantor paling 5 – 15 menit dari jam kerja yang ditetapkan.

Tapi ada sindrom baru, entah kenapa setiap bangun pagi pasti kepala saya pusing. Jadi saya membutuhkan waktu cukup lama sampai benar-benar bangun. Kalo nggak ya kleyengan. Waktu itu saya dan Rizki pergi ke kantor dari rumah orang tua Rizki. Karena perjalanan jauh, maka saya dan dia bersiap-siap lebih pagi dari biasanya. Agak terburu-buru memang, mengingat telat 5 menit ke luar rumah aja macetnya bisa nambah 1 – 1.5 jam.

Begitu mau berangkat, perut saya mules bukan main. Bukan gara-gara kontraksi, tapi  gara-gara pengen pup. Berhubung di kamar mandi masih ada orang, untuk meredam rasa mulas saya lalu mengubah posisi yang tadinya duduk jadi bersujud. Setelah 10 menit dalam keadaan sujud, Rizki bilang kalau kamar mandi sudah ada yang available. Bergegaslah saya menuju kamar mandi yang available tersebut, dalam keadaan tergesa-gesa, kepala saya agak pening dan keadaan sekeliling seperti berputar, tapi saya paksakan saja berjalan. Selesai menutup pintu kamar mandi lalu duduk di atas toilet, saya memejamkan mata. Tapi kok pipi kiri terasa dingin ya? Perlahan saya buka mata saya, loh kok shower di sebelah kanan saya letaknya horizontal ya? Astagfirullah, ternyata saya dalam posisi tiduran di lantai kamar mandi bukan sedang duduk di atas toilet. Sepertinya saya pingsan tapi saya nggak menyadarinya. Perasaan cuma merem bentar deh..

Rasa mules pengen pup hilang. Perlahan saya bangkit dan duduk di atas toilet. Kepala saya agak pusing tapi tidak sakit. Itu artinya saya jatuh pingsan tapi kepala tidak membentur ke lantai. Bagian tubuh yang terasa sakit di bahu dan lengan kiri dan dagu. Sepertinya dagu yang menjadi tumpuan ketika saya pingsan. Yang perlu disyukuri adalah kepala dan perut saya aman dari benturan. Setelah pusingnya hilang saya masuk ke kamar sembari memberikan kode ke Rizki untuk mengikuti saya.

“Kok kamu lama banget tadi di kamar mandi? Aku kira kenapa-kenapa.” tanya Rizki.

Mendengar pertanyaannya, saya lalu bercerita tentang kejadian di kamar mandi tadi dan memintanya untuk tidak panik dulu. Dia sih mencoba untuk tidak panik, walaupun dari raut mukanya terlihat kalo dia sangat panik.

Dia meminta saya untuk menghubungi dr.Rizka, obgyn kami. Setelah menghubungi dr.Rizka via WhatsApp, saya dan suami tambah tenang karena dokter bilang selama perutnya tidak kontraksi, tidak ada flek, insyaAllah kandungannya aman. Catatan buat saya adalah jangan terburu-buru ketika berubah posisi dari posisi berbaring ke posisi bangun.

Alhamdulillah, setelah kejadian itu nggak ada drama lagi. Paling oleh-oleh dagu memar aja beberapa bulan. Nafsu makan mulai membaik, mual-mual dan pusing sudah mulai menghilang, saya bisa beraktivitas seperti sedia kala.

Advertisements

2 thoughts on “Recovery di Trimester Kedua

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s