5cm Menuju Wisuda

image

Sebenernya lupa pernah save darimana foto ini.
Pas muncul di Timehop jadi inget waktu skripsian. Waktu yang penuh dengan bangun tengah malam atau habis pulang kuliah lanjut kerjain dan baru tidur abis Subuh.
Entah kenapa saya semangat banget ngerjain skripsi. Maybe it’s because i like writing and also curious to the topic.

Judul skripsi saya waktu itu “Implementasi Sistem Informasi Manajemen Berbasis Web Dampaknya Terhadap Karyawan di IT Telkom”
Perpaduan antara ilmu D1 Computer for Business yang pernah saya dapat dan ilmu S1 Manajemen-SDM yang sedang dijalani.

Nggak sedikit rintangan dan kesulitan yang saya alami, tapi karena sayanya enjoy jadi yah terasa lebih mudah aja mencari solusinya. Salah satu masalah saat penyusunan skripsi ini adalah jadwal bimbingan yang awalnya nggak sesuai dengan jadwal saya. Pembimbing saya adalah dekan fakultas, seorang dosen bergelar Profesor yang sangat disegani. Reaksi beliau ketika saya pertama kali bimbingan dan bilang saya dari kelas karyawan adalah: “Kok saya bisa dapat mahasiswa kelas karyawan sih? Jadwal bimbingan saya berlaku sama loh untuk semua. Kamu bisa tuh?”
Saya mengangguk pasrah waktu itu. Alhamdulillah, kantor pun mendukung asalkan tugas kantor selesai, saya bisa bimbingan di jam kerja yang mana jam bimbingan untuk mahasiswa reguler.

Lambat laun dengan pendekatan yang gigih dan doa orang tua, saya sama beliau malah jadi akrab. Beliau nggak segan meluangkan waktu untuk saya bimbingan di hari Sabtu sebelum beliau ngajar di kelas reguler dan di hari biasa sebelum ngajar di kelas karyawan. Alhamdulillah, Allah Maha membolak-balikkan hati, saya jadi sedikit bisa berkontribusi banyak di kantor pada jam kerja.

Setelah melalui berbagai revisi, bimbingan, seminar, dan sidang perasaan saya begitu lega. Lebih senang lagi ketika diumumkan bahwa saya masuk ke dalam jajaran mahasiswa yang Cum Laude. It’s beyond my expectation.

 Saya cuma berharap dapat menyelesaikan kuliah saya dengan baik supaya uang dan waktu yang saya habiskan tidak sia-sia. Emang beda ya rasanya kuliah pake duit ortu dan kuliah pake duit sendiri. Hahaha. Alhamdulillah, Allah kasih bonus atas usaha begadang dan kurang tidur selama penyusunan skripsi, bolak-balik kampus di akhir pekan dan pulang kerja. Really worth the price!

Buat kamu yang lagi males, stuck, berhenti ketika tengah melakukan sesuatu, coba diinget lagi tujuan awalnya ngerjain tuh apa, alesannya kenapa? Karena kalau kita ngerjain sesuatu nggak ada tujuannya dijamin motivasi dari dalam diri sendiri gampang banget hilangnya.

Nah kalo udah kayak gitu jadi males lanjutin, nunda-nunda dan nggak enjoy ngejalaninnya. Percaya deh, motivasi dari dalam diri sendiri itu kalo udah hilang susah dicarinya dibandingkan motivasi dari orang lain. Nggak ada yang bisa ngasih, nggak ada yang bisa gantiin itu kecuali diri kita sendiri.

Setuju?

Leave a Reply

